Gol Dramatis Hingga Perayaan Termahal, Rivalitas MU-Liverpool

Musim ini rivalitas MU dan Liverpool kembali mewarnai Liga Inggris.

Syaiful Rachman | BolaTimes.com
Jum'at, 09 Maret 2018 | 15:34 WIB
Kolase foto manajer MU Jose Mourinho dan manajer Liverpool Jurgen Klopp [AFP]

Kolase foto manajer MU Jose Mourinho dan manajer Liverpool Jurgen Klopp [AFP]

Bolatimes.com - Duel dua raksasa akan tersaji di Liga Premier Inggris akhir pekan ini. Manchester United akan menjamu Liverpool di Old Trafford, Sabtu (10/3/2018).

Setelah prestasi MU merosot sepeninggal manajer Sir Alex Ferguson pada tahun 2013, dan juga mandulnya lini depan Liverpool sepeninggal Luis Suarez usai Piala Dunia 2014, rivalitas kedua tim sempat mereda. Namun musim ini rivalitas antara kedua tim kembali menggebu di liga termahal dunia.

Di bawah asuhan dua manajer papan atas, Jose Mourinho dan Jurgen Klopp, MU dan Liverpool kini bersaing sengit demi posisi dua klasemen.

MU yang saat ini mengantongi 62 poin dan berada di posisi runner up, unggul dua poin atas Liverpool. Artinya, kemenangan di Old Trafford akhir pekan nanti akan membawa The Reds beranjak dari posisi tiga.

Rivalitas antara kedua tim bukan hanya terjadi di musim ini. Sejak beberapa dekade silam, dua tim yang sama-sama pernah berjaya di Liga Inggris sudah saling 'bunuh'.

Rivalitas yang kerap mengundang tensi tinggi dalam pertandingan di antara keduanya, juga meninggalkan banyak kenangan. Mulai dari laga comeback Eric 'The King' Cantona hingga perayaan termahal atas sebuah gol.

Pemain legendaris MU Eric Cantona [AFP]

Kembalinya 'The King' Cantona - Oktober 1995

Setelah menjalani hukuman larangan bermain selama delapan bulan lantaran tendangan kung fu di Selhurst Park, laga antara Manchester United vs Liverpool menjadi laga kembalinya Eric 'The King' Cantona.

Di laga tersebut, Cantona tampil sempurna. Sang kapten membuka peluang bagi terciptanya gol pembuka United ke gawang Liverpool yang dicetak oleh Nicky Butt di awal pertandingan.

Saat itu Liverpool berhasil menyeimbangkan papan skor lewat gol Robbie Fowler. Saat kedudukan imbang, Cantona kembali mencuri perhatian dengan mencetak gol kemenangan MU lewat tendangan penalti.

Pemain Liverpool Michael Owen [AFP]

Setan Merah nyaris tumbang gara-gara Owen - Januari 1999

Duel sengit antara MU vs Liverpool yang akan selalu dikenang adalah pertemuan kedua tim di putaran keempat Piala FA. Saat itu, kemenangan dramatis menghancurkan hati para penggawa The Reds.

Di pertandingan tersebut, Liverpool sudah diambang kemenangan berkat gol Michael Owen. Namun jelang laga usai, MU berhasil membalikkan keadaan lewat dua gol yang dicetak oleh Dwight Yorke dan Ole Gunnar Solskjaer.

Bek Manchester United Gary Neville [AFP]

Perayaan termahal Gary Neville - Januari 2006

Kebencian Gary Neville terhadap Liverpool mencapai puncaknya di tahun 2006. Saat itu MU menang tipis 1-0 berkat tandukkan Rio Ferdinand jelang akhir laga.

Menyusul gol yang terjadi di pertandingan yang berlangsung di awal tahun itu, Neville berlari di sepanjang sisi lapangan untuk merayakan kemenangan dramatis Setan Merah. Di depan ribuan fans Liverpool, Neville berulang kali mencium logo timnya yang berujung dengan denda 10 ribu pound.

Ketika ditanya Jamie Carragher di tahun 2016 lalu soal hukuman yang diterimanya satu dekade silam, Neville mengaku tidak menyesal, "Tentu saja, (aksi) itu bernilai 120 kali larangan bertandingan."

Pemain Liverpool Steven Gerrard [AFP]

Gerrard menebar cinta di hari pembantaian Setan Merah - Maret 2009

Seperti halnya Neville, Gerrard juga melakukan hal yang sama di laga Liverpool vs MU pada Maret 2009.

Mencetak gol ketiga Liverpool lewat titik penalti, Gerrard berlari menghampiri fans The Reds dan mencium logo klub berulang kali. Namun Gerrard tidak dijatuhi denda oleh FA.

"Saya ingat usai mencetak gol dan berlari menghampiri fans Liverpool. Saat itu kamera person Sky mendekati saya. Jadi itu salah Sky, bukan saya," ujarnya saat itu.

Pemain MU Patrice Evra berseteru dengan Luis Suarez [AFP]

Perang Suarez dan Evra - Februari 2012

Sesuai dengan prediksi sebelumnya, striker Liverpool Luis Suarez belum juga menyadiri kesalahannya setelah menjalani hukuman lantaran melontarkan kata-kata rasis terhadap bek MU Patrice Evra.

Ketika kedua klub kembali berhadapan di bulan Februari 2012, Suarez enggan menyambut tangan Evra yang mengajaknya berjabat tangan sebelum pertandingan.

Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan MU 2-1. Wayne Rooney memborong dua gol United, sementara satu gol Liverpool dalam laga itu dicetak oleh Suarez.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pelatih Kepala Bayer Leverkusen, Xabi Alonso memiliki visi untuk membuat kesuksesan klub lebih berkelanjutan.Musim lalu, klub berhasil meraih gelar ganda Bundesliga dan DFB Pokal di bawah kepemimpinannya, meskipun mereka kalah di final Liga Europa.

liga | 12:59 WIB

Dua Legenda Persib Bandung, Suhendar dan Nandang Kurnaedi mendoakan Pangeran Biru meraih hasil maksimal di Championship Series Liga 1 2023/2024

liga | 21:16 WIB

Dua legenda Persib Bandung, Sobur dan Iwan Sunarya mendoakan Pangeran Biru juara musim ini usai meraih kemenangan atas Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4)

liga | 23:04 WIB

Persib Bandung tak bisa tampil dengan kekuatan penuh saatmenjamu Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4). Selain akumulasi, sejumlah pemain diragukan tampil. Pelatih Bojan Hodak santai

liga | 13:08 WIB

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB
Tampilkan lebih banyak