Kinerja Keuangan Positif, Arkadia Digital Media Laporkan Kenaikan Pendapatan 40 Persen

"Laba kotor Perseroan juga meningkat 30 persen yang mencapai Rp 22,22 miliar dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 17,8 miliar."

Irwan Febri | BolaTimes.com
Jum'at, 28 Juni 2024 | 10:56 WIB
Suasana pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Arkadia Digital Media Tbk yang diikuti dengan Paparan Publik 2024, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, pada Kamis, 27 Juni 2024. [Sumber: Suara.com/Alfian Winanto]

Suasana pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Arkadia Digital Media Tbk yang diikuti dengan Paparan Publik 2024, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, pada Kamis, 27 Juni 2024. [Sumber: Suara.com/Alfian Winanto]

Bolatimes.com - PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) menunjukkan kinerja keuangan yang positif di tahun 2023 meski kondisi ekonomi nasional yang tak menentu.

Emiten yang bergerak di bidang multimedia dan portal web ini mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba kotor yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta, pada Kamis (27/6/2024), Perseroan mengumumkan kinerja keuangan mereka sepanjang tahun 2023 lalu.

Baca Juga: Bertepatan Masuk Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Resmi Dapat Striker Anyar

Dilaporkan bahwa pendapatan DIGI di tahun 2023 mencapai Rp 57,89 miliar, tumbuh hampir 40 persen dibandingkan tahun 2022 yang sebesar Rp 41,6 miliar.

"Sejalan dengan pendapatan, laba kotor Perseroan juga meningkat 30 persen yang mencapai Rp 22,22 miliar dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 17,8 miliar," ungkap Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, Suwarjono.

RUPST PT Arkadia Digital Media Tbk ini dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, antara lain selain Suwarjono selaku CEO yang didampingi Fastabiqul Khair Algatot selaku Direktur/CFO, juga hadir Komisaris Utama Stephen Kurniawan Sulistyo, Komisaris Iwa Sukresno Karunia, serta Komisaris Independen Ariyo Ali Suprapto.

Baca Juga: Gabung di Grup C, Inilah Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam paparannya, Suwarjono menyampaikan bahwa pertumbuhan kinerja keuangan yang dicatatkan Perseroan ini didorong oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah meningkatnya permintaan untuk layanan media digital, pemasukan iklan, hingga sejumlah event yang dikelola dan dijalankan oleh unit kerja Perseroan.

Sementara itu, hingga akhir Maret atau kuartal I 2024, Arkadia melaporkan telah mengantongi pendapatan sebesar Rp 11,52 miliar dengan raihan laba kotor yang mencapai Rp 4,93 miliar. Kondisi ini hampir sama dengan periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan untuk target laba bersih Perseroan pada 2023, yang sebelumnya diproyeksikan sebesar Rp 4,118 miliar, belum bisa tercapai. Meski begitu, laba bersih akhir tahun 2023 yang masih minus, nyatanya jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya atau telah mengalami kenaikan sangat signifikan.

Baca Juga: RESMI: BRI Liga 1 Musim Depan Terapkan Aturan 8 Pemain Asing, Bebas dari Mana Saja

Lebih jauh, Suwarjono mengungkapkan sejumlah kebijakan strategis yang disiapkan Perseroan untuk meningkatkan performa kinerja keuangan maupun operasional. Kebijakan itu didukung tiga pilar utama strategi, yakni produksi konten yang bagus dan beragam, distribusi konten yang dilakukan secara maksimal, serta inovasi tanpa henti.

Dalam hal ini, Perseroan menurutnya, juga selalu melanjutkan program dan kerja sama serta membuka kolaborasi dengan berbagai pihak, baik sesama media maupun lembaga-lembaga nasional dan internasional, serta mengembangkan kerja sama pula dengan para kreator konten dan lain sebagainya.

Suwarjono mengungkapkan, dalam momen ulang tahun Suara.com ke-9 pada tahun lalu misalnya, Perseroan telah meluncurkan salah satu platform terbarunya, yaitu Nexus Creator Hub.

Baca Juga: Jadwal Babak 16 Besar Euro 2024, Dibuka oleh Laga Swiss vs Italia

"Ini merupakan sebuah platform yang mewadahi kerja sama maupun pengerjaan proyek oleh para kreator konten dan influencer, dengan para klien baik dari kalangan pemerintahan, swasta, juga brand. Seiring diluncurkannya platform ini, tim kami langsung bergerak merangkul atau mengumpulkan influencer lokal terutama dari kategori kecil dan mikro," jelasnya.

Sementara dalam momentum ulang tahun ke-10 pada Maret 2024 lalu, sebagaimana diberitakan, Arkadia yang bekerja sama dengan lembaga International Media Support (IMS) juga baru saja meluncurkan Local Media Community. Ini merupakan sebuah wadah komunitas media lokal dan skala kecil, yang kebetulan banyak di antaranya telah bekerja sama sebelumnya dengan portal berita Suara.com, maupun yang kemudian mengikuti berbagai program yang dikelola Suara bersama IMS.

Lewat program yang dijalankan bersama IMS misalnya, Suara.com dalam beberapa tahun terakhir berupaya merangkul sekaligus menjadi tulang punggung pengembangan media-media lokal di Indonesia. Berbagai kegiatan dilakukan, mulai dari workshop atau pelatihan, pendampingan di program Start-up for Media Start-up (SMS), pengelolaan bantuan dana inovasi, hingga event besar seperti Jatim Media Summit (JMS) dan Local Media Summit (LMS) yang sejak 2022 rutin diadakan setiap tahunnya.

"Lalu, kebijakan strategis Perseroan yang memberikan efek besar terhadap pendapatan adalah fokus kami pada aktivitas pengelolaan kegiatan (event), baik itu kegiatan berdasarkan permintaan klien, pemerintah maupun swasta, maupun kegiatan yang dirancang dan diinisiasi sendiri oleh tim Perseroan," kata Suwarjono lagi.

Suwarjono menerangkan, aktivitas pengelolaan kegiatan atau event organizer ini dikembangkan karena dirasa memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sumber pendapatan penting Perseroan ke depan. Hasilnya, bermodalkan sumber daya dan unit kerja yang dimiliki, Perseroan sukses mengelola event-event kecil, menengah, maupun besar, baik yang berskala lokal, nasional hingga internasional.

Bentuk atau format kegiatan yang dikelola pun beragam, mulai dari berbentuk kegiatan worskhop atau pelatihan, diskusi dan seminar (online maupun tatap muka), beragam festival, ekspo, acara penghargaan, perlombaan, hingga kegiatan bisnis, hiburan dan lain sebagainya. Menurut Suwarjono pula, tidak saja sukses dan menambah penghasilan, semua itu pun makin memperkaya portofolio Perseroan.

Pada bagian lain, Suwarjono memastikan bahwa Perseroan berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik. Sejauh ini hingga ke depannya, kegiatan bisnis Perseroan dijalankan dengan berlandaskan pada prinsip tersebut.

"Kami juga meyakini bahwa pengawasan dari Dewan Komisaris dan Komite Audit, serta pelaksanaan fungsi yang efektif dari Sekretaris Perusahaan dan Unit Audit Internal ditambah audit eksternal, telah dan akan senantiasa memberikan kontribusi terhadap tingginya tingkat transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kegiatan Perseroan," ucapnya.

Keterangan dan pernyataan senada pun disampaikan oleh Suwarjono bersama Fastabiqul Khair Algatot dalam sesi Paparan Publik yang digelar seusai ditutupnya agenda RUPST, lewat penyelenggaraan online menggunakan aplikasi Zoom. Dalam kesempatan ini, selain memaparkan potensi dan capaian, termasuk rekam jejak Perseroan selama ini, berikut kinerja keuangan dan portofolio produk-produknya disertai data demografi, kedua anggota Direksi mengungkapkan optimisme untuk capaian yang lebih baik lagi ke depan.

Direksi Perseroan optimistis bahwa Perseroan dapat terus mencapai kinerja yang bertumbuh secara berkelanjutan, apalagi jika didukung dengan kondisi perekonomian nasional yang stabil dan terjaga, serta kebijakan pemerintah yang lebih akomodatif terhadap iklim investasi pada sektor kegiatan usaha Perseroan. Secara bisnis, manajemen Perseroan meyakini lewat berbagai inovasi dan langkah kebijakan mereka, target pendapatan maupun laba yang lebih tinggi lagi ke depan akan dapat tercapai.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak